BundaNakami

seorang Ibu Bekerja dengan 1 anak balita yang cantik dan senang menyanyi

Friday, August 25, 2006

Seminar Indonesia Berprestasi 2

Yak...sekarang ngomong-ngomong soal manusia yang berkarakter.. sebenarnya mungkin bukan hanya IHF aja yang menerapkan pendidikan yang membentuk karakter anak. KArena kalau gw pikir2, sekolahnya Nammy juga menerapkan prinsip itu, kok. Coba kita lihat. Yang dimaksudkan dengan pendidikan yang membentuk karakter itu adalah pola pendidikan yang menganut sistemnya si Howard Gardner. Itu loh yang disebut2 sebagai Multiple Inteligences. yang mencakup 9 poin, yaitu musical/rhytim, science, natural, spatial, verbal, logical,interpersonal, intrapersonal,and bodily/kinestetik. NAh, dengan menggunakan sistem ini, harusnya sekolah memang sudah mengesampingkan sistem konservatif indonesia yang semuanya ditentukan berdasarkan nilai. Katanya sih seharusnya Jangan ada nilai. Kalaupun mereka harus menjalani ujian/test, hasilnya tidak perlu disampaikan ke si anak. Mereka tidak perlu tahu, nilai itu hanya berguna bagi guru untuk memantau perkembangan siswanya.

Nah, jadi sekarang menurut gw, khusus buat sekolah Nammy nih...tinggal orang tuanya nih yang ngawasin penerapan sistem itu. Sudah bener belom??? Atau ternyata guru2nya belum siap menerapkan prinsip itu?? Sehingga masih ada cap murid bodoh tertempel di diri siswanya. Aduuhhh...mudah2an nggak deh.

Balik lagi ke suasana seminar. Gw mau cerota sedikit waktu gw ngeliat perform seorang anak perempuan usia 11 tahun yang memainkan biola dan bernyanyi...Subhanallah...keren banget main biolanya pake hati banget. Dan suaranya juga bagus banget. Sepanjang dia perform, gw gak bisa menahan linangan air mata gw. Ihh..mellow banget sih gw?? Bukannya apa-apa sih, ketika melihat anak itu yang ada di pikiran gw cuma sebuah pertanyaan besar "Bisa gak ya gw mempersiapkan anak gw untuk menjadi 'SESUATU' yang berbeda. Menjadi anak yang berkarakter kuat" That's it.

Ya Allah, tolong bantu aku mempersiapkan buah hatiku agar ia kelak bisa menjadi orang yang berguna & tahu apa yang harus dilakukannya, tanpa harus merasa tidak percaya diri dan takut mengambil keputusan...Aamiin...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home