BundaNakami

seorang Ibu Bekerja dengan 1 anak balita yang cantik dan senang menyanyi

Monday, June 12, 2006

Menyapih

Satu hal terindah yang pernah aku rasakan selama hidup...MENYUSUI. Ya, menyusui. Masa-masa itu bener2 masa2 indah yang pernah aku rasakan, karena aku merasa benar2 memiliki ikatan yang kuat dengan bayi mungilku, yang sekarang sudah mulai tumbuh menjadi gadis cilik. Yup!!Nammy is 2 years old now and it's time to stop breastfeed her. Hiks..bukan dia aja yang sedih pasti, aku sendiri juga sedih. Sedih, karena gak bisa sedekat masa itu dengan dia. Memang aku masih bisa meluk dia atau nyium dia, tapi tetap aja, rasanya berbeda.

Sebelumnya sudah dua kali aku coba menyapih Nammy. Pertama pake minyak kayu putih. Mempan sih awalnya, dia bilanmg pahit dan gak mau. Tapi malemnya, aku gak tega, pas liat mulutnya nyari2 susu bundanya. Akhirnya aku sodorkan aja, dan program pun gagal. Kali berikutnya aku coba pake batang antawali yang pahitnya minta ampun. Dia gak mau juga kerana pahit, tapi, lagi2 aku gak tega dan akhirnya dia berhasil menyusu lagi. Nah, yang terakhir ini aku benar2 membulatkan tekad untuk menghentikan pemberian ASI itu. Hari Jumat kemarin aku dateng ke tukang urut yang biasa bantuin menghentikan anak minta ASI. Berhasil. Udah 4 hari aku bener2 gak kasih ASI ke dia. ASIku pun lagi bengkak-bengkaknya sekarang. Tapi, kata ibuku gak boleh dibuang biar air susunya berhenti berproduksi. Ya sudah, meski agak sakit, aku tahan2 aja sekarang.

2 hari pertama, Nammy gak begitu rewel. Makannya masih jalan, dan susu formulanya juga masih mau. Tapi mulai hari ketiga, hari minggu kemarin, diu amulai rewel banget. Apa aja maunya sama bundanya. Bahkan aku juga harus rela bangun beberapa kali tiap malam, karena dia rewel kebangun dan minta digendong pake kain, sambil berdiri. Huaaa...Ya sudah, terpaksa aku turutin. Bahkan dua hari ini dia juga tambah rewel karena dia mulai kena batuk dan flu. Kayaknya sih ketularan aku. Duuuhhh...aku berharap masa-masa rewelnya Nammy cepet selesai nih. Dan mudah2an program penyapihan ini juga bisa berjalan sukses. Meski kehilangan, tapi aku sudah puas karena sudah menyusui Nammy sampai usianya 2 tahun lebih.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home